space iklan

space iklan murah untuk anda

May 19, 2009

Khasiat Teh Rosela Merah

Ads by AdGenta.comBosan terpenjara obat-obat­an kimia atau takut menjala­ni pengobatan konvensio­nal? Mengapa tak mencoba teh rosela merah? Selain nikmat diminum, murah, juga minim efek samping.

Teh berwarna merah cantik ini memang multikhasiat. Bunga rosela merah yang telah clikeringkan dan dise­duh menjadi secangkir teh yang berci­tara rasa sedikitasam ini mampu meng­atasi batuk, asam urat, kolesterol, hipertensi, radikal bebas, dan penye­gar (tonik). Selain itu, berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan ilmu­wan Sudan, rosela merah juga berkha­siat untuk menurunkan tekanan darah (hipotensif), antikejang saluran perna­pasan, anticacing (antelmintik), dan antibakteri.


Hipertensi dan Jantung

Lima belas tahun didera kencing manis (diabetes mellitus) membuat H.Lili Sadeli (58 tahun) bosan makanobat dan ingin mencari cara pengobatan lain. Setelah mencari informasi ke sana­kemari, akhirnya ia mencoba perun­tungannya dengan mengonsumsi rose­la merah. "Alhamdulillah, setelah tiga bulan minum teh rosela merah, gula darah saya turun dari 320 menjadi 101 dan tekanan darah saya juga memba­ik," ujar lili.

Selama tiga bulan pertama, ia rutin mengonsumsi teh rosela merah seba­nyak tiga kali sehari. Setelah itu, ia merawat kesehat­annya dengan meneguk teh rose­la merah dua kali sehari. Kini ia ter­bebas dari obat­obatan kimia yang telah ia konsumsi selama lima belas tahun dan kesehat­annya pun mem­baik.

Kesaksian lain datang dari Lina (29 tahun) yang awalnya tersiksa dengan degup jan­tungnya yang tidak normal sehingga membu­atnya sulit tidur. "Mau ke dokter takut didiagnosis penyakit berat dan biayanya pasti nggak sedikit," dalihnya. Warga Perumahan Taman Legian, Sentul (Bogor) ini akhirnya mencoba teh rosella merah untuk mengatasi gangguan kesehatannya.

Pertimbangannya, di samping minim efek samping, harga teh rosela merah juga relatifterjangkau. Hasilnya, bukan saja ia merasa lebih sehat dan segar,

bobot badannya pun turun sekitar 7 kg dalam waktu konsumsi selama satu tahun. ''Meskipun sudah merasa sehat, saya tetap minum teh rosela merah agar tetap bugar dan menjaga berat badan," ujar Lina yang sebelumnya berbobot 70 kg dengan tinggi 154 cm.
Tonik Hingga TBC

Rosela merah (Hibis­cus sabdariffa) dulu merupa­kan penghias pagar rumah atau pekarang­an. Saat ini lebih dari 100 varietas rosela tumbuh di Indonesia. Namun jenis yang paling banyak dibudi­dayakan ada­lah rosela ber­bunga merah.

Berbagai penyakit dapat diatasi oleh herba tropis ini, seperti batuk, asam urat, kolesterol, hingga hipertensi.
Selain itu, rosella merah berkhasiat menangkal radikal bebas dan bersifat la merah untuk mengatasi gangguan sebagai penyegar (tonik). Hal ini bukan isapan jempol semata karena rosella merah mengandung berbagai senyawa berkhasiat, seperti antioksidan, asam esensial, beta karoten, potasium, zat besi, dan berbagai jenis vitamin.

Penggunaan rosela merah sebagai obat oleh masyarakat awalnya bersifat kebetulan dan coba-coba saja. Namun sejumlah ilmuwan berhasil meneliti khasiatnya. Salah satu di antaranya Abd Al-Aziz Sharaf dari Sudan Research Unit, Institute of African and Asian Studies.

Pada 1962, Sharaf membuktikan bawa bunga rosella merah mempunyai khasiat menurunkan tekanan darah (hipotensif), antikejang saluran pernafasan, anticacing (antelmintik), dan antibakteri. Tiga tahun berikutnya Sharaf juga berhasil membuktikan bahwa zat warna merah di kelopak bunga perdu ini dapat mematikan Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab penyakit TBC.

Comments :

2 comments to “Khasiat Teh Rosela Merah”

alhamdulillah, saya telah mencoba minum teh rosela, tapi baru setelah membaca artikel ini saya tahu besar manfaatnya,salam.

seizethe day said...
on 

Memang bu, teh rosella baik dan banyak manfaatnya, alhamdulillah jika posting saya ini berguna

cah angon said...
on 

Post a Comment