space iklan

space iklan murah untuk anda

May 20, 2009

Manfaat Sembung Legi

Pohon Sembung Legi (Blummea balsamifera) dahulu banyak tumbuh liar di tegalan. Tetapi sekarang sudah jarang didapati. Walaupun sekarang mulai banyak dicari orang untuk bahan ramuan obat tradisonal. Daun Sembung Legi dapat digunakan untuk obat luar, tetapi juga dapat direbus untuk diminum airnya.

Untuk obat luar, seperti untuk penyakit reumatik, pegal linu, sakit kepala akibat peradangan rongga sinus, abses dan bisul. Jika direbus diminum airnya, untuk obat peradangan pada kandung kemih (Cystitis). Dahulu banyak dipergunakan untuk pengobatan malaria, kencing nanah, dan lemah jantung.

Dalam buku Obat-obatan dari hasil hutan III, disusun oleh R Supardi yang diterbitkan Dinas Balai Pustaka tahun 1957, disebutkan daun Sembung Legi direbus dan diminum airnya bisa bermanfaat untuk obat jantung yang detaknya lemah. Air rebusan daun Sembung Legi akan lebih mujarab jika ditambah dengan sedikit adas dan polosari.

Pohon Sembung banyak jenisnya. Atau satu jenis tumbuhan yang diberi beberapa nama. Yang dapat dipergunakan untuk obat, diantaranya Sembung Legi (Blummea balsamifera), Sembung Jawa (Vernonia arborea Ham), Sembung Dedek (Vernonia arborea), Sembung Gantung (Blumea balsamifera DC), Sembung Hijau (Ehretia acuminata RBR), Sembung Langu (Anisomeles indica OK / Erigeren linifolius wild), Sembung Limpung (Gomphostemmax phlomeides Benth), Sembung Otot (Planyago majer Linn), Sembung Rambat (Mikania seandens Wild). Semua jenis sembung bis tumbuh liar di hutan maupun di tegalan. Bisa sendirian atau bergerombol. Daun sembung pada umumnya baunya langu, berbulu halus. Pohon Sembung legi mudah dibudidayakan. Bisa dengan buahnya, bisa distek dan bisa dari akarnya.

sumber : caryos's blog

Comments :

0 comments to “Manfaat Sembung Legi”

Post a Comment