space iklan

space iklan murah untuk anda

May 22, 2009

Resep Kuno Pengobatan Influenza dan Selesma

Infuenza atau flu mempunyai gejala panas dingin yang disertai pelek dan batuk-batuk. Penyakit ini disebabkan oleh virus. Yang diserang adalah saluran pernafasan bagian atas. Masa tunasnya adalah 2 hari tapi terkadang hanya 1/2 hari. dapat menular dengan cepat melalui jalan pernafasan melaui bersin, batuk ataupun percikan ludah. Gejala-gejala influenza yang ringan lazim disebut selesma.


Beberapa resep kuno nya adalah :

  1. masing-masing 10 gram :

    Daun BAYAM DURI + SEMBUNG LEGI + ADAS & PULOSARI + kayu angin + daun Randu. semua direbus dengan air 2 gelas hingga tinggal setengahnya. Diminum sedikit-sedikit untuk sehari



  2. Daun semanggi 10 helai dipipis, diberi air masak 1 cangkir dan air jeruk nipis 1 sendok makan, diperas dan disaring. Minum habis. Buatlah setiap pagi dan sore.

  3. Air Jeruk nipis 1 sendok makan, diberi sedikit kapur sirih, diaduk lalu diminum 2 kali sehari.

  4. Lempuyang 1 jari + Cabe Jawa 3 batang + jahe 1 jari. Semua dipotong-potong, direbus dengan air 3 gelas hingga tinggal setengahnya. Sesudah itu disaring, minum pagi dan sore.

  5. Untuk hidung yang sengal-sengal/buntu:

    Basahilah seluruh kepala (termasuk rambut) dengan air dingin sampai basah kuyup, agar kelenjar yang menyumbat hidung mengerut. jangan terlalu banyak minum


PENTING : Sebaiknya penderita istirahat dirumah, tidur yang cukup dan menjauhi hawa dingin. Sediakanlah kain untuk menutup mulut bila bersin atau batuk.

Pencegahan : Menjauhi sumber penularan atau tidak berkumpul dengan penderita influenza dan memeprtinggi kesehatan badan. Penderita influenza sebaiknya jangan tidur bersama bayi, mencium atau menyusui.

PERHATIAN :Kalau Pilek atau influenza yang berlarut-larut hingga berhari-hari, sebaiknya penderita ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

sumber : Petunjuk mengobati dengan resep sehari-hari oleh : Salim Sahly

Comments :

0 comments to “Resep Kuno Pengobatan Influenza dan Selesma”

Post a Comment